Lima Kunci Keamanan Pangan di Tengah Pandemi

2020-09-12 20:00:363 0 Comments

Jakarta: Dalam menyambut era new normal, kebiasaan makan yang baru juga perlu dilakukan atau bisa juga disebut dengan new healthy eating habit. Meskipun kebiasaan mengonsumsi makanan sehat ini sebelum pandemi pun sudah harus dilakukan, diharapkan dengan adanya pandemi akan semakin banyak masyarakat yang lebih peduli lagi dalam menerapkan makanan sehat.

“Kebiasaan makan sehat sudah banyak diterapkan oleh masyarakat. Namun, pandemi ini menyadarkan masyarakat untuk mengutamakan konsumsi makanan bergizi seimbang untuk mengingkatkan imunitas tubuh,” ujar Direktur Southeast Asian Food and Agriculture Science and Technology Center (SEAFAST), Prof. Dr. Ir. Nuri Andarwulan, Msi, dalam Kelas Jurnalis Online #AmanSebelumMakan, Rabu, 17 Juni 2020.

Menurut Prof. Nuri, new healthy eating habit yang coba diperkenalkan adalah mengonsumsi beragam makanan yang mengandung gizi seimbang, sesuaikan porsi makanan dengan konsep Isi Piringku, memerhatikan konsumsi GGL (Gula Garam Lemak), mengatur jadwal makan besar dan snack, dan tidak lupa memerhatikan keamanan pangan

Prof Nuri juga menyampaikan bahwa ada lima kunci keamanan pangan yang harus diterapkan masyarakat sesuai standar WHO dan BPOM:

  1. Mencuci tangan dan peralatan masak sebelum mengolah makanan.
  2. Memisahkan peralatan masak dan wadah untuk pangan mentah dan matang.
  3. Memasak dengan benar dan matang.
  4. Menyimpan makanan sesuai dengan suhu aman yang dianjurkan.
  5. Selalu gunakan air dan bahan makanan yang aman, yang bebas dari cemaran fisik, biologis, kimia berbahaya, dan menggunakan air jernih yang tidak berbau dan berasa.

"New healthy eating habit ini saya harapkan bisa menjadi kebiasaan baru dalam masyarakat,” jelas Prof. Nuri.

Baru-baru ini, hasil penelitiannya pada Maret 2020 menunjukkan bahwa terdapat perubahan gaya hidup pada masyarakat Indonesia selama masa pandemi covid-19. Di antaranya adalah mulai mencoba mengonsumsi menu makanan sehat (90%), menguji resep-resep makanan baru (76%), dan mengonsumsi snack harian lebih tinggi dari biasanya (41%).

Sumber : https://www.medcom.id/rona/kesehatan/1bVjvmnb-lima-kunci-keamanan-pangan-di-tengah-pandemi

Comments

    No comments found.

LEAVE A COMMENT

Copyright ©2019 Dunia Daging - All Rights Reserved.